Citrus Vinegar Cleaner, Si Teman Kompor Kinclong

Spread the love

Tulisan ini sungguh mashook untuk ibuk-ibuk yang gemar membersihkan kompor setelah atau ketika sedang masak. Dijamin anti capek-capek club! Bikinnya gampang dan murah meriah, plus terbukti keberhasilannya! ( udah kek iklan sabun colek ajee!hahaha)

Monmaap ya bu-ibuk yang bersih-bersih addict. Saya itu agak jorok sama kompor. Hahaha. Saya bukan golongan ibuk-ibuk yang tiap masak ngelap kompor. Pas udah ngerasa ‘kotor amat’ aja baru bertindak. Trus, jadinya uring-uringan kesulitan bersihin sisa cipratan minyak.

Tapi, eh tapi! Sejak kenal cairan pembersih ini, saya jadi demen ngelap kompor! Serius, nggak diendorse! Seneng aja liat kompor kinclong. Apalagi kompor saya hasil beli second. Yang beli suamik tanpa nanya-nanya dulu ke bininya. Secara fisik jauh dari cantik apalagi instagramable! Mangkanya kudu rajin dielap-elap biar hayati mood masak.

Jadi, ramuan ini namanya citrus vinegar cleaner. Karena merupakan cairan pembersih yang berasal dari kulit jeruk dan cuka. Iya, betul kulit jeruk. Kulit jeruk jenis apa pun, monggo silahkan pakai. Tapi, sesuai rekomendasi mbak Riestya dan memang sudah saya buktikan, paling syegeeer pakai kulit jeruk lemon.

Tentang asal muasal bikin citrus vinegar cleaner ini, murni bukan cetusan saya. Tapi, tentu saja hasil scrooling medsos. Nggak sengaja liat postingan Sarah Candra. Itu lho, istrinya Eross Candra! Nah, beliau ini suka masak, suka bersih-bersih pas masak dan selalu pake cairan ini. Menurut beliau nih, memaksimalkan fungsi jeruk. Bener juga, sih!

Selama ini manfaat yang saya dapat tentu saja mempercepat proses pembersihan kompor. Benda-benda lain yang ikut kecipratan minyak pun jadi easy juga dibersihkan. Tinggal semprot, tunggu beberapa menit sambil cuci piring, lap, dan bersih, deh! Insha Allah aman karena berbahan alami. Baunya juga seger-seger jeruk, gitu!

Untuk mendapatkan kulit jeruk ini, nggak perlu maksa ya! Berdasar pengalaman dan tips yang saya dapet, kumpulin aja sisa-sisa kulit yang kita pakai. Misal, bekas marinasi daging atau ikan, sisa bikin rimpangan. Kalau sudah dikumpulin simpan di freezer sampai sebanyak yang kita inginkan. Oh, iya! Resep ini tidak berlaku untuk kulit jeruk yang sudah masuk proses masak ya!

Cara membuatnya, saya nyontek resep mbak Riestya @mgb_garden ya!

Bahan-bahan :

  • Kulit jeruk, potong kecil-kecil untuk mempermudah proses fermentasi
  • Cuka, merk apa saja.

Cara membuat :

  • Masukkan potongan kulit jeruk dalam wadah.
  • Tuang cuka sampai semua potongan kulit jeruk terendam.
  • Diamkan kurleb 3 minggu sampai proses fermentasi selesai.
  • Simpan di tempat yang sejuk dan aman ya!
  • Jika sudah kurleb 3 minggu, buka wadah dan pisahkan kulit jeruk dengan cara menyaring cairan rendaman.

Cara pakai :

  • Semprotkan ke bagian kompor atau tempat mana pun yang ingin dibersihkan. Tunggu beberapa saat dan lap dengan kain.

Note: Nanti si rendaman akan berubah warna jadi kecoklatan dan agak rapuh si kulit jeruknya. Baunya sudah asem-asem seger. Eh iya, karena berbahan cuka jadi aroma aslinya nggak hilang begitu saja. Aroma si cuka tetap nempel tapi lebih soft, gitu. Sisa kulit jeruk tadi bisa dicuci nersih kemudian dijadikan kompos, ya! Baca beberapa artikel, bisa juga digunakan sebagai cairan desinfektan, lho!

Warbiyasak ya kamu si kulit jeruk!
Selamat mencoba resep murce yang penuh manfaat dan dibuat tanpa effort ini, ya!