Ketika Bayik Tantrum di Pesawat ( Mamak Pening Bukan Kepalang)

Spread the love

Pernah dengar cerita horornya membawa anak tantrum ketika naik pesawat? Amit-amit jabang bayik, semoga nggak kejadian sama ibuk-ibuk sekalian ya! Tapi, qadarullah saya mengalaminya! Hahaha.

Ini momen keempat saya mengajak batita naik pesawat. Tiga peristiwa sebelumnya aman. Nah, yang keenpat ini bikin pening.

Begini ceritanya, buk-ibuk!

Saya sekeluarga melakukan perjalanan menggunakan pesawat dari Jakarta menuju Banjarmasin. Yap, di masa pandemi. Pas kena PPKM pulak. Mohon jangan dihujat yaaaa…

Kami (saya dan suami) membawa kedua putri tercinta. Teteh (5 tahun) dan Adek (19 bulan). Semua berjalan normal ketika menunggu pesawat. Meskipun sempat delay sekitar 30 menit.

Sekitar pukul 13.30 kami naik pesawat. Teteh langsung duduk di dekat jendela dan mengenakan sabuk pengaman. Bapak bertugas menata barang printilan di kabin. Sedang saya dapet jatah mangku Adek sepanjang perjalanan itu.

Pas Teteh masang sabuk, si Teteh mulai riweuh pengen ikut pake. Tapi, saya larang karena nanti kan dia bakal pake yang dikasih pramugari.

Nah, dari situlah peristiwa bermula. Si Adek nggak terima saya larang. Mulai nangis-nangis rewel. Oh, saya pikir ngantuk dan bakal segera tidur nih!

Ternyata tidak Ferguso! Nangisnya malah makin menjadi. Saya coba dudukkan di kursi tengah yang kosong. Nggak berhenti juga.

Saya ajak nenen, nggak mau. Mintanya minum. Eh…tapi botol minum ada di kabin! Minta pindah ke bapaknya. Oke, baiklah! Eh, kok baru nyampe di tangan bapaknya manggil-manggil emaknya? Hmmm…nggak beres nih!

Rasa ketika anak kita tantrum di pesawat! Kek disambar petir di siang bolooong.

Di pangku saya malah tantrum makin menjadi. Nangisnya mulai pake teriak, gigit dan cakar-cakar saya. Plus masker ditarik-tarik. Deuh, kalo inget tuh berasa saya ini musuh bebuyutan.

Sampai pesawat take off, masih jejeritan bae si Adek. “Anak gue tantrum di pesawat, nih!” Sambil berusaha sok tenang mengingat-ingat kudu gimana.

Udah saya dekap, peluk, bicara lembut. Mon maap gagal pemirsa. Saya juga nggak bisa berdiri. Takut, sih. Hahaha. Soalnya pesawatnya lagi nabrak-nabrak awan.

Akhirnya ada pramugara yang dateng nyamperin. Kebetulan si Adek lagi teriak “Bapak…Bapak!”. Doi nanya, “Mau ikut Bapak ya?”. “Hooh”, jawab Adek. Eeeeeh…..bisa aje ya si Adek akting yeeeee!

Trus, si pramugara bilang “Nggak pa pa bu kalo mau ikut bapaknya”. Suaranya lembut aja sih, tapi dalam hati pasti ada petekanan kek gini, “Biar pesawat ini tenang!”Hahaha.

Akhirnya, si Adek memang saya kasih ke Bapaknya. Pas banget ada mbak-mbak cantik yang nyamperin kita, ngasih coklat ke Adek. Ngedein AC saya dan suamik. Adek diem. Tidur.

Entah, bagaimana tanggapan penumpang. Mbaknya kayak penyelamat dan saya korban. Korban lirikan mata penumpang. Wkwkwkwk.

Teteh pertama kali naik pesawat umur 2 tahun lebih sedikit dan cuma sama saya aja. Aman. Perjalanan pertama Adek dari Banjarmasin-Soetta oke aja kok. Pas masih doi bayi juga dia tidur pules aja tuh. Kok, dia bisa tantrum sampe kek gitu sekarang ya?

Daaan….model tantrumnya masih kebawa-bawa sampai beberapa minggu setelahnya. Bayik emang pinter lhoh ternyata!! Sekarang frekuensi tantrum yang mirip seperti waktu di pesawat masih sedikit nyantol, tapi lebih slow.

Kalau direnungkan kembali, memang perjalanan pulang Soetta-Syamsuddin Noor ini beda. Awalnya kami naik keret api Tasik-Senen. Sampai Senen jam 3an dini hari. Kita harus nunggu di stasiun cukup lama (jam 9an), sampai akhirnya memutuskan ke bandara. Soalnya kita take off jam 13.05. Kaaan, lama kali nunggunya.

Stasiun juga bukan tempat menunggu yang nyaman, gaes! Tapi selama menunggu di stasiun si Adek masih di level aman, sih. Nah, di bandara lumayan agak riweuh. Mulai ngantuk, rewel, tenang, heboh tenang lagi. Feeling sih di pesawat tepar.

So, kalau diingat-ingat lagi kita tuh udah CAPEK nunggu sebenarnya. Ditambah pesawat delay. Truuuus, kita BELUM MAKAN siang sampai pesawat take off ituuuu. Pantaslah si bayik rungsing nggak karuan. (Sumpah, sebab ini baru kepikiran pas cerita ini ditulis!) Terakhir makan berat itu habis subuh.

Jangan lupa makan ya buk-ibuk ketika bepergian! 🙂

Perut kosong emang ngaruh banget ke mood, sih. Apalagi buat toddler kayak si Adek.

Trus, ternyata saya lupa ngebriefing si Adek tentang perjalanan yang akan kami lakukan. Kami sudah disibukkan dengan mencari persyaratan pulang karena kepentok sama PPKM Jawa Bali. Pas ke Jawa udah mateng banget briefing sama role playingnya. Itu pun ada yang meleset. Ini pede banget langsung cuuus.

Note paling perlu diingat supaya nggak kejadian lagi. Ketika melakukan perjalanan udara dengan toddler mesti banget dilakuin, yaitu :

  1. Kenyangin perut
  2. Perlu nyari rest area yang ramah anak
  3. Rentang perjalanan yang TIDAK terlalu lama dari satu kendaraan ke kendaraan lain
  4. Jaga mood anak (untuk hari ini itu, jadi raja ratu dah!)
  5. Briefing dan role playing sebelum keberangkatan
  6. Bawa mainan (sumpah ini nggak kepikiran)

Daan…cukup sekian diary saya hari ini. Ibuk-ibuk yang mau bepergian (dengan kendaraan apa pun) plis persiapkan dengan matang. Biar nggak kayak saya, jadi artis dadakan gara-gara anak tantrum.

Jikalau nanti setelah semua persiapan, anak masih tantrum yaa wallahu a’lam . Ibuk-ibuk kudu tarik nafas dalam-dalam dan lakukan trik-trik yang ada dipikiran. Karena sebenarnya ada bayi nangis di pesawat itu wajar kok. Meskipun ada beberapa orang yang terganggu. Itu sudah seperti di luar kendali kita.

Stay safe, stay healty dan happy traveling (soon)