Pengalaman Pertama Menggunakan Menstrual Cup (Si Mungil Penampung Darah Haid)

Spread the love

Menstrual cup atau menscup adalah wadah penampung darah haid. Selain berfungsi sebagai penampung doi juga berperan ganda jadi bendungan. Jadi, menscup ini menghalangi jalan darah supaya tidak mengalir lewat lubang miss V.

Kebayang kan maksud saya?

Karena menjadi ‘penghalang’ maka dia letaknya di dalam vagina. Hiiiii….sereeeem ya? Hahaha.  Pertama kali tahu emang kayaknya serem beud! Tapi, apa-apa yang ada dibayangan tak selalu sama dengan kenyataan, Gaes!

Kali ini saya mau berbagi cerita tentang pengalaman pertama menggunakan menscup.

Gimana sih kok bisa memutuskan pakai menscup? Sakit nggak? Cara pakainya gimana? Beneran dimasukin? Bocor nggak? Keknya begitulah pertanyaan yang bakal sering muncul kalau ngomongin menscup.

Wokeh, simak baek-baek yeeee!

Beberapa bulan lalu saya baca-baca di akun-akun zerowaste. Benar-benar saya anggap angin lalu karena niatnya pasca fase hamil nyusuin ini akan menggunakan menspad aja. Kemudian saya bergabung di grup tele @sustaination. Mbak Tyas, owner yang merangkap pemateri dan pengguna menscup memberi materi tentang less waste menstrual hygiene.

Nah, dari situ langsung klik yes “gue bakal pake ini nih!” Dari cerita beliau ternyata ada satu dokter Spog di Jakarta yang sudah menggunakan menscup selama 12 tahun, Gaes! Jauh sebelum produk ini happening. Mendengar itu kok saya ngerasa kayak orang ‘purba’ yang minim informasi. Hahaha.

Setelah itu, nggak sengaja liat story mbak @graciayunita tentang pengalamannya pakai menscup. Blio ini dokter jugak. Lah, jadi makin makin yaqin dong eike inih. Cuss lanjut beli dah di toko @namasteorganic lewat marketplalce ijo. Saya beli merek Eco Talk size M (atas rekomen mbak admin). Kalo mau beli yang organik bisa di @sustaination, tapi lebih mahal keknya.

Menscup merek Eco Talk.Co

Dengan pake menscup ini mengobati rasa bersalah karena masih pake diaper sekali pake buat Adek. Yang mana kita tahu, sampah pospak sama kayak pembalut, kan. Kagak bisa didaur ulang.Mau pake clodi cuma angan-angan. Karena saya ini mayan males nyuci. Effort kan nyuci clodi itu. Sama halnya dengan mencuci menspad. Sekali lagi alasannya maleeez!

Nah, si menscup ini bisa bertahan 10 tahun (dengan pemakaian dan perawatan yang benar). Mahal di awal doang pas beli tapi sebenernya sama aja bahkan lebih murah ketimbang kita beli pembalut per bulan. Menscup yang saya beli ini hampir 200k sama ongkir kayaknya. Yang lebih murah juga ada kok. Jadi, santuy ya kalo mo beli tapi low bugdet.

Pas beli nggak langsung dipake karena jadwal datang bulan ternyata ganti. Yah begitu kalo memulai mens lagi setelah hamil nyusuin, suka nggak ajeg karena masih adaptasi. Padahal udah kebelet beeet pengen ngerasain kaaan.

Akhirnya akhir bulan ini saya menstruasi dan langsung sterilin menscup buru-buru. Pake deh! Ya ampuuun nyaman banar, Gaes! Nggak bocor samsek. Itu sungguh pengalaman mens yang membahagiakan syekaleee. Kek, anak kecil dapet baju lebaran. Hahaha.

Etapi, di hari kedua ada bercak dikit. Ini kayaknya karena di hari kedua -yang memang siklus banyak-banyaknya kalo disaya- ada darah yang sudah keluar sebelum pake menscup dan nggak dibersihkan. Jadi pada akhirnya netes di celana.

Bahasanya rumit ya?

Begini. Karena cukup parno dengan kebersihan menscup, jadi saya selalu bilas dengan air panas ketika proses ‘buang darah’. Kebetulan saya baru punya satu, jadi ada momen saya nggak pake menscup pas bersih-bersih si tampon. Nah, disitu kayaknya ada darah yang ngalir. Dan saya pake-pake aja tanpa mikirin mesti bersihin lubang vagina. Jorok yak! Hahaha.

Termasuk setelah masuk ke dalam, ya wes selesai. Saya nggak bersihin lagi itu di vagina –dari kemungkinan darah yang netes tadi. Hasilnya jadi ada bercak. Saya yakin itu bukan bocor sih. Karena cuma sedikit aja.

Nah, baru pada malem harinya beneran bocor habis-habisan. Ini faktor lagi banyaak darah yang keluar dan saya lupa nggak buang darahnya pas mau tidur. Atau pakainya nggak bener sih itu mah! Jadi sprei korbannya. Ini kalo bocor bisa lebih parah ketimbang pake pembalut konvensional. Yah, logikanya nggak ada resapannya ya. Kayak ember bocor aja gitu.

Alhamdulillah selanjutnya amaaaan kok! Hihihi

Lanjut ke cara pakai, Gaes!

  1. Cara pakainya cukup lipat menscup sampai menjadi setelah ukuran diameternya.
  2. Pegang lipatan dengan jari
  3. Posisi tubuh bisa sambil jongkok atau berdiri dengan satu kaki membuka ( satu kaki bertumpu pada bak mandi kalo saya)
  4. Masukkan pelan-pelan ke lubang vagina sambil tetap pegang lipatan
  5. Jika jari kita sudah nggak bisa ngikutin masuk, dorong pake pegangan kecilnya itu sampai batas lubang vagina.
  6. Selesai deh!

Ngelepasnya gimana, Mbak?

Kalo mau ngelepas tinggal jongkok, ngeden kayak mau BAB, tarik deh pelan-pelan sambil terus ngeden. Saya sih kayak dejavu mo lahiran, kayak ada kepala bayik yang nongol gitu loh! Antara kayak mau BAB , etapi bukan. Bedanya ini nggak ada mules-mules sakitnya. Kuncinya, biar nggak sakit itu TENANG, rileks. Lemesin Say!

Pas selesai buang darah, kocek-kocek menscup pake air trus langsung pake lagi udah bisa kok. Darah haid itu ternyata bisa membantu membersihkan. Cuma kalo nggak yakin bisa dikocekin juga pake cairan antiseptik miss V ato beli pembersih khususnya.

Catatan penting ketika pake menscup nih!

  1. Cukup sterilkan ketika awal dan akhir periode haid
  2. Pake nggak lebih dari 8 jam atau kurang  kalo dari itu pas period banyak-banyaknya (bagi saya)
  3. INGAT cuci tangan pake sabun sebelum dan sesudah pemakaian
  4. HARUS RILEKS ketika masukin ke lubang miss V ya! Kalo tegang nanti otot di sekitarnya jadi tegang jugak, ntar malah sakit!

Oh iya, menscup imut lucuk ini juga ada dalam bentuk lain yang katanya sesuai dengan anatomi miss V. Kalo mau beli boleh tanya-tanya dulu ke sellernya, cocoknya pake yang mana. Ukuran yang saya beli juga sesuai rekomen mbak seller. Mangkanya kalo beli cek toko dulu, pastikan keamanan dan keterpercayaannya.

Walaupun, kata mbak Tyas ada tiga ukuran yang dibedakan jadi tiga kategori. Pertama usia >23 tahun. Kedua untuk yang sudah pernah melahirkan secara section. Terakhir, bagi yang sudah melahirkan dengan normal. Ini ukuran merek dagang mbak Tyas di Sustaination sih, namanya Organicup

Menscup ini bisa untuk para gadis kok sebenernya. Tapi, kalo yang khawatir nanti selaput dara sobek, ya nggak usah pake. Meski sebenernya standar perawan atau bukan nggak dinilai dari sobek atau belum si selaput dara. Karena si selaput ini bisa sobek karena olahraga juga. Atau bagi buk ibuk yang KB IUD konsul dululah ke Spog masing-masing kalo mau pake.

Pake menscup itu beneran bikin saya bebas bergerak kayak iklan pembalut. Rasanya kayak biasa kita lagi nggak haid aja gitu. No rasa pake bantalan! Hemat dan nggak bikin repot! Mengurangi bad mood gegara tembus jugak!Hahaha.

Sekian ya, cerita seru ini! Kalo mau pake menscup ini, ingat untuk selalu RILEKS pokoknya biar nyaman masuknya. Daaan, pastikan beli di tempat terpercaya!