Tips Nge-foodprep Mudah, Murah, dan Variatif Menggunakan Yummy App

Spread the love

Haii!

Cerita kali ini dimulai dengan sebuah pertanyaan. Ada nggak sih ibu-ibu yang punya skill masak B aja kayak saya? Semoga ada ya! (Ciyaa, nyari temen).

Jujur, saya adalah ibu rumah tangga yang punya kemampuan memasak terbatas tapi suka pengen bikin ina ini itu. Suka nyari resep, melihat foto makanan enak, dan nonton video masak. Tapiii, sering-seringnya masak dengan resep alakadarnya, seadanya bumbu di dapur. Nggak idealis banget kalo masalah beginian akutuh! Hahaha. Yang penting masak ajalah pokoknya.

Di awal-awal nikah, saya gemar sekali baca resep-resep makanan di blognya Diah-Didi. Karena waktu itu penghasilan masih pas-pasan, jadi sekali masak enak selanjutnya bertahan dengan olahan telur. Hihihi. Memang harus diakui kalau makanan enak tuh ya harus berani keluar duit lebih. Mana jaman itu saya belum kenal food preparation, makin berantakanlah itu keuangan dan isi perut. (Tibalah sesi curhat ini yang kalo diinget-inget lucu jugak!)

Setelah beranak dua dan mulai mengaku sebagai ibu rumah tangga yang sibuk, saya masih selalu mencoba meluangkan waktu masak, loh! Soalnya kalau beli mulu, penghasilan laki aye habis di perut Mpok! Sesekali beli di warung Jawa Timuran atau ngeIndojek  masih bisalah( salah satu ojek online di Tabalong nih, Gaes!).

Ngomong- ngomong tentang food preparation nih! Yang sudah saya terapkan sejak punya anak pertama, empat tahun lalu berarti. Teknik ini sungguh membantu dalam pengelolaan keuangan yang berhubungan dengan perut. Dan kita sudah nggak perlu mikir “hari ini mau masak apa ya?” (pertanyaan basi bagi saya! Hahaha).

Hanya saja belakangan ini saya suka males bikin meal plan. Tentu saja karena scrolling medsos. Akutuh suka beralibi ‘nyari resep’, eh malah mantengin akun lambe-lambe atau dagelan.

Etapi, tahu nggak? One upon a time, suatu hari saya bertemu aplikasi lucuk seputar dunia masak-memasak. Namanya Yummy App! Kalau dengar namanya jadi inget Koh Wilgoz akutuh! Jelas beet saya tim Wilgoz garis keras yak! Hihihi. Soalnya sehabis masak doi suka bilang, “Yummy yummy!”.

Kalian tahu nggak Yummy App?

Sekilas tentang Yummy App nih ya! Aplikasi ini tuh besutannya IDN Media. Salah satu produknya IDN Media itu IDN Times, yang demen banget bikin berita dengan foto-foto kece. Nah, sebenernya akunnya Yummy sendiri sudah ada sejak tahun 2016. Sedang aplikasinya (si Yummy App) ini baru diluncurkan pada Juni 2019.

Aplikasi ini bikin saya bucin deh, soalnya mereka niat banget masukin video tutorial masak. Jadi, ketika masak berasa didampingi chef! Wkwkwkwk.

Kembali ke cerita nge-foodprep ya! Yummy App ini bikin saya jadi fokus ketika mau food preparation karena nggak ada godaan pencet akun lain. Selain itu ada filter yang memudahkan kita untuk menentukan budget. Jadi, ketika memilih menu masakan lebih terarah. Nggak asal pilih, “Oh, ini enak kayaknya!”. Tapi, nominal yang tertera bikin kita mikir, CUKUP nggak uangnya! Hihihi.

Filter ini akan muncul ketika kita mencari resep pada kolom Resep Masakan. Bagi kalian yang kamus resep masakannya kayak saya, ini sungguh membantu. Apalagi, bagi para newlywed kek saya. Hahaha. Tahu nggak kenapa? Karena memudahkan kita untuk meramu menu makanan yang tepat sesuai skill dan kebutuhan kita.

Bagi saya, nge-foodprep itu nggak sekedar menata bahan pangan pada wadah. Tapi, jauh lebih dari itu. Karena saya itu tipe orang yang kaku (kayak kanebo kalo kata temen, mah), maka menu yang on the track ini paling bener dah. Nggak bikin pusing alias nambah urusan domestik

Begini, lho! Nge-foodprep ini tuh ada langkahnya kalau saya. Nggak asal belanja terus ditata estetik gitu. Urutan pertama, tentukan BUDGET. Kedua, bikin meals plan. Ketiga, membuat daftar belanja sesuai meals plan. Keempat, belanja kebutuhan SESUAI daftar belanja. Terakhir tata dengan elok di wadah pada wadah yang telah disediakan.

Nah, aplikasi Yummy ini membuat kita lebih mudah menentukan meals plan yang sesuai kemampuan. Nggak ada cerita sehari makan enak, hari berikutnya bingung mau nggunyah apaan macam saya dulu. Karena sepengalaman saya, resep yang berseliweran di luaran sana jaraaang banget mencantumkan harga bahan. Trus nanti kejadian kayak saya itulah.

Trus, gimana caranya? Wokeh, simak baek-baek ya!

  • Buka aplikasi Yummy, lalu pilih olahan pangan yang kita kehendaki.

Kalau boleh saran, sih! Kita nggak usah mengetik nama resep masakan yang kita inginkan. Karena kalau kita sudah spesifik memilih, maka yang muncul nanti variasi resep masakan dengan nama serupa.

Jadi, kalau mencari pilih jenis bahan pangannya saja. Misal, ketikkan ‘ayam’. Nanti yang muncul adalah aneka resep masakan berbahan ayam. Menunya bervariasi, bikin kita nggak bingung nulis meals plan.

  • Klik tanda filter di sisi kiri atas (bentukknya kayak tanda filter di market place)

Kalau kita sudah menuliskan pilihan olahan bahan pangan, akan muncul tanda filter. Klik aja tandanya. Nah, nanti akan muncul pilihan filter sesuai kebutuhanmu.

Kedua filter ini wajib kamu pilih untuk memastikan ketersediaan biaya. Begini loh! Dari filter ini kita bisa memilih berapa porsi yang akan kita sediakan dengan biaya sesuai anggaran untuk sekali masak. Ketika sudah tahu jumlah yang tepat, kita nggak akan bingung lagi menuliskan daftar belanja. Soalnya barang yang akan kita beli sudah jelas takarannya.

Jika nanti harga yang dicantumkan terlalu tinggi (meskipun direntang harga 10.000-30.000), tenang aja dulu!. Wong harga yang tercantum pada resep tersebut bener-bener diperhitungkan harga perbahan masaknya. Sedang kita belinya nanti borongan. Insha Allah, nominal sesungguhnya di bawah budget yang tercantum, kok!

  • Kalau sudah pilih filter, pilih ‘yes’.

Nah, nanti akan muncul berbagai resep masakan sesuai filter yang kita pilih. Resep yang muncul cukup banyak. Kita tinggal memilih resep sesuai selera saja.

Aplikasikan pada berbagai jenis bahan pangan lain. Jika kebutuhan protein hewani, protein nabati, serta sayur sudah tercukupi tinggal kita breakdown menjadi menu harian. Mudah kan? Selain itu, menu akan terlihat lebih variatif. Rotasi muternya menu juga bisa agak lama, jadi kita keliatan expert! Hihihi.

Cerita ini hanya sekelumit dari berbagai kemudahan dan benefit yang bisa kita dapat dari Yummy App. Ada yang bisa dapat cuan segala, loh! Bikin penasaran kan? Ya udah, download aja aplikasinya di Play Store atau App Store yeee! Dijamin nggak rugi! Bucin tingkat akut malahan! Hihihi.