Kekeosan Kami Ngadepin Tantrum Adek

Spread the love

Haiii!

Nggak terasa udah lewat tengah bulan Agustus ya? Time too fast (halah, ngadi-adi!) Yang berarti jatah bulanan syudah mulai menipis. Hahaha.

Btw, saya mau curhat nih! Minggu kemarin itu, minggu yang lumayan keos untuk saya, suamik dan Teteh. Kok Adek nggak masuk? Karena doilah pusat kekeosan kami.

Adek tantrum hampir tiga malam berturut-turut. Tengah malam ya ini tuh, bukan ‘malam’ aja! Bener-bener bikin hati kudu ditata baek-baek dah. Walaupun nggak sehoror cerita tantrumnya waktu di pesawat, yang bisa dibaca di sini. Tapi, kalau ada anak nangis tengah malam kan bikin hhhhhrrrrr gitu yak.

Malam pertama tantrum itu karena Adek pindah kamar pas tengah malem (sejak awal tidur bareng Teteh di kamar sebelah). Trus, saya ganti popoknya dan dia nggak mau pake popok bersihnya. Ini memang kendala yang baru-baru ini muncul ketika Adek ganti baju atau popok.

Ya udah, perkara popok itu dia nangis kayak orang diapain aja. Digendong nggak mau, dipeluk menolak. Alhamdulillahnya malam itu kondisi emosi saya sedang stabil (adem ayem lah pokoknya). So, meskipun keos tapi saya masih bisa nggak keluar tanduk.

Nah, si suamik yang emang tidur malem (ini jugak gegara nonton pemirsa!) uring-uringan. Pindah kamarlah blio bareng Teteh. Pake segala tutup pintu, trus ada adegan blio balik lagi ke kamar kita. Tau nggak ngapain?

Dengan mata merah karena nguantuk blio bilang, “Heh, ini udah malem!” Ciyaaa si Bapak, dikira anak elu udah SMA apa? Dua tahun aja belom genep! Akhirnya malem itu, emaknyalah seorang diri yang dengan muka peri melewati tantrum Adek sampe dia tenang.

Malam berikutnya, sungguh kami tidak ingin hal itu kembali terulang. Hah, tapi nyatanya adegan serupa muncul lagi. Uwooo. Di waktu yang hampir sama dengan sebelumnya. Dia merasa gatel di kaki, minta minyak (biasanya Adek kalo gatel ato kejedot emang kita kasih minyak).

Eh, minyaknya kebetulan ada di dapur, emaknya males banget yak ngambilnya. Wes dah, tantrum deui!  Suamik kembali pindah ke kamar Teteh. Disusul Teteh yang kebetulan lagi tidur di kamar kita. Udah, mereka tutup pintu dan tidur sampe subuh. Ckckck. Terlalu!

Dan di malam selanjutnya, terjadi kembali. Alhamdulillah nggak lama dan lumayan smooth. Kebangun gegara mimpi doang. Nangis bentar (dibandingkan malam-malam lalu) dan udah kelar dah. Tapi, tetep aja malam itu dilewati emak dan Adek aja! Huft. Suamik lagi gituu dah, kebanyakan tidur malem. Sungguh geregetan akutuh, suamik!

Meskipun ini anak kedua, yang katanya saya dan suamik sudah punya pengalaman. Tetapi sungguh lho, menghadapi anak tantrum itu masih tantangan buat kami. Kalau mau ngomongin DULU, Teteh nggak begini cara dan frekuensi tantrumnya. Entah karena dia dulu lama di penitipan, jadi ada fase tantrum yang terlewat atau bagaimana.

Dari Adek ini saya dan suamik benar-benar belajar lagi. Sempat suamik bilang, “Kok Adek kayak gitu ya?” Ya mana gue tahu, maliiih! Hahaha.

Nah, setelah tantrum ketiga malam itu, suamik bilang begini, “…..bla bla bla (saya lupa), besok nggak boleh kayak gitu lagi!” Ehm, disitu saya dapat ilham. Oh, iya kenapa nggak coba di briefing aja.

Akhirnya, ketika makan malem saya bilang gini ke Adek, “Dek, makannya yang kenyang ya biar nyenyak boboknya!”

Pas maen sebelum tidur Adek dapet briefing lagi, nih! Bapaknya yang ngomong, kurang lebih kek gini (yang sungguh mo bikin ngakak). “Dek, nanti malem boboknya yang nyenyak ya! Nggak usah rewel. Kalo ada apa-apa dibicarakan baik-baik.” (Dalam hati saya ngakak so hard!!)

“Kalo mau minum bilang, Ma, Adek mau minum! Kalo mau nenen, bilang Ma, Adek mau nenen!”, lanjutan wejangan suamik. Tentu si Teteh yang jadi korban juga karena merasa tidurnya jadi terganggu, ikut angkat bicara. “Iya, Dek. Kalo ada apa-apa bilang aja. Mau nenen bilang aja. Kalo mau minum bilang. Dan….bla bla bla.”

Pokoknya briefing itu menggema sepanjang malam sebelum Adek tidur. Daaaan… malam itu si Adek tidur pulas sampe pagi, lho! Uhuuuy, wejangan suamik agar supaya segala sesuatunya DIBICARAKAN BAIK-BAIK manjur, Gaes! Sampai detik ini, kami masih terus ngasih briefing itu ke Adek. Dan tantrum horror tengah malam tak ada lagi.

Setelah periode emas tanpa tantrum di malam berikutnya, saya mulai sadar. Itu lho, the power of briefing! Apa-apa memang kudu dibicarakan baik-baik. Yang artinya, tantrum Adek itu sebenarnya bisa banget dicegah. Kali ini saya dan suamik menemukan trik dengan cara briefing before doing ituuh. Ehm, cara satu ini pun masih sangat mempan untuk Teteh yang usianya 5 tahun (pengalaman di keluarga kami lho ya).

Baiklaah, sekian cerita kali ini ya!