Popmama Parenting Academy 2021, Sahabat Keluarga Milenial

Spread the love

Siapa yang setuju jika parenting merupakan salah satu ilmu penting dalam hidup? Ilmu penting tetapi tidak ada sekolah yang mengajarkannya. Ya, wajar sih. Lembaga mana yang sanggup memberi pelajaran seumur hidup.

Menjadi orang tua adalah peran yang akan kita sandang seumur hidup. Perkembangannya pun berubah-ubah, grafiknya nggak tentu. Bisa jadi awalnya di angka nol, beberapa bulan kemudian melejit ke atas.

Saya dan suami yang menjalani peran sebagai orang tua hampir 6 tahun saja masih penuh trial error. Menjadi orang tua bukan amanah yang mudah. Kalau mudah, pasti hadiahnya sepeda. Hahaha. Bersyukur Yang Kuasa ngasihnya surga untuk segala usaha kita. Aamiin.

Ilmu Parenting untuk Generasi Tangguh

Dalam buku Enlightening Parenting, Okina Fitriani menjelaskan bahwa tugas orang tua yaitu menjadi teladan, mengingatkan, dan memperbaiki. Hal ini beliau sampaikan sejalan dengan pemikiran bahwa anak itu sebenarnya lahir dengan membawa potensi baik yang diberikan Tuhan.

Tugas orang tua yaitu menjadi teladan, mengingatkan dan memperbaiki

Okina Fitriani

Makanya, kita harus memampukan diri menjadi teladan bagi anak. Memberi contoh tindakan yang terpuji, menanamkan sikap dan perilaku yang diinginkan Tuhan. Serta tentu saja kita berkewajibkan untuk mengingatkan anak untuk berpegang pada tuntunan yang telah Tuhan berikan. Tak lupa, kita perlu memperbaiki tindakan anak bila dirasa keluar dari jalur yang seharusnya.

Namun, perjalanan melakukan tugas tersebut tidak mudah. Saya kadang terbentur dengan inner child, emosi sesaat, dan pengetahuan yang minim tentang pengasuhan. Apalagi pada kelahiran anak pertama, semua serba baru untuk saya dan suami. Di titik itulah saya mulai merasa bahwa parenting menjadi ilmu yang penting dipelajari sebagai orang tua. Kita tidak bisa mengandalkan omongan tetangga, karena anak kita lahir dari perut kita. Bukan dari perut mereka. Hihihi.

Ilmu parenting menjadi semacam ‘lampu lalu lintas’. Oh, kalau hijau, tandanya sudah benar nih! Lanjuut. Eh, kok kuning ya? Berarti ada yang kurang tepat. Yuk, kita pilah mana yang tepat dan mana yang salah. Wah, sudah merah. Harus segera berhenti, perbaiki, lakukan perubahan. Semata-mata untuk membentuk generasi tangguh yang sesuai dengan potensi baik yang diberikan Tuhan.

Keluarga Milenial dan Kehausannya Akan Ilmu

Ngomong-ngomong tentang ilmu parenting, memang tidak ada lembaga yang secara khusus menaunginya. Yang mau melabeli dirinya menjadi ‘Sekolah Parenting”. Tapi, di era digital ini banyak sekali ilmu-ilmu parenting yang bisa kita dapatkan melalui laman social media, platform parenting sampai di kanal Youtube hingga Tik-Tok. Salah satu yang bisa syukuri sebagai orang tua milenial. Wahana belajar gratis banyak.

Saya sebagai kaum milenial, tentu sejalanlah kalau disebut ‘orang tua milenial’. Hihihi. Punya rasa ingin tahu yang besar tentang dunia parenting. Waktu anak pertama lahir, saya dan suami dikit-dikit tanya Google kalau ada something wrong dengan anak kami. Dan ternyata jawabannya lebih manjur ketimbang saran tetangga. Hahaha.

Makin kesini, saya mulai senang ikut berbagai webinar gratis atau sekedar IG Live tentang dunia parenting. Di era pandemi ini, webinar gratis yang berkualitas makin menjamur. Begitu pula dengan komunitas parenting. Saya ikut beberapa Whatsapp Grup yang peserta ratusan dari kalangan mama muda milenial. Antusias mereka terbilang tinggi mengenai dunia parenting. Hal ini merupakan bukti bahwa orang tua milenial haus akan ilmu parenting. Mereka ingin menepis mitos yang selama ini didengar dari generasi terdahulu.

Popmama Parenting Academy 2021 Sebagai Sahabat Keluarga Milenial

Dan ternyata ada salah satu event tahunan yang bertabur ilmu parenting. SUMPAH, saya baru tahu belum lama ini. Padahal kegiatan yang diselenggarakan Popmama.com ini ada sejak tahun 2019. Yang mana waktu itu acaranya di Summarecon, Tangerang. “Pan uwe masih di Depok, jadi bisa ikutan harusnya. Nyesel emang selalu di belakang yaaa!”

Event tahunan yang saya maksud namanya Popmama Parenting Academy atau POPAC. Karena sekarang tahun 2021, maka dinamakan POPAC 2021. Di acara ini nanti akan banyak kegiatan seru untuk keluarga, ilmu-ilmu seputar parenting dan awarding.

Sejarah Singkat POPAC

POPAC pertama kali diselenggarakan pada tahun 2019 untuk keluarga milenial. Sesuai dengan namanya POPAC merupakan rangkaian kegiatan bagi keluarga seputar dunia parentingEvent ini berdasarkan pada hasil penelitian internal Popmama tentang kebutuhan parenting keluarga Indonesia yang meliputi parenting pregnancy, baby, kid, dan big kid.

Saat pertama kali diselenggarakan, POPAC diselenggarakan selama 3 hari berturut-turut di Summarecon Tangerang. Tak hanya berisi kelas dan seminar saja, ada aneka hiburan menarik dan perlombaan juga bagi para perserta kala itu.

Berawal dari sanalah, akhirnya POPAC diselenggarakan kembali pada tahun-tahun berikutnya. Dan saat ini telah memasuki tahun ketiganya. Semoga POPAC bisa terus menjadi sahabat keluarga Indonesia untuk memberikan banyak ilmu yang bermanfaat seputar pengasuhan, ya!

Rangkaian Kegiatan Popmama Parenting Academy 2021

POPAC 2021 mengusung tema “Parents Support Parents”. Dikutip dari Popac.Popmama.com, bahwa keluarga adalah yang terdampak dan anak-anak menjadi “silent victim”, korban yang tak bisa bersuara. Tumbuh kembang, sosialisasi, kualitas hidupnya berkurang bahkan terhambat karena pandemi.

Sehingga dukungan antar keluarga menjadi penyokong tersendiri untuk tetap tegar dan tegak selama pandemi ini. Oleh karena itu rangkaian kegiatan POPAC kali ini akan banyak membahas tentang pemulihan dampak pandemi terhadap anak dan keluarga tentunya.

Gebyar virtualnya akan berlangsung selama satu bulan dari tanggal 1-31 Desember 2021. Namun, ada beberapa pra acara yang sudah mulai berjalan. Beberapa acara tersebut antara lain, Popmama Little Star, Community Awards, Blog Competition, dan Donasi POPAC 2021.

Tangkapan layar dari akun media sosial POPAC 2021

Popmama Little Star

Popmama Little Star merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diberikan Popmama Parenting Academy 2021 untuk bakat yang dimiliki si kecil. Awarding ini mulai dilakukan sejak 15 Oktober hingga 4 Desember 2021. Masih ada waktu kalau mau ikutan, Buk-Ibuk!

Untuk bisa berkontribusi di event ini, kita tinggal mengupload video si kecil sedang menunjukkan kebolehannya di Instagram atau Tik-Tok. Tak lupa tulis caption tentang bakat dan prestasi yang telah diraih si kecil. 10 finalis anak ditampilkan pada Awarding Popmama Parenting Academy 2021, lho! Dan tentu saja ada hadiah menarik yang menanti jika berhasil menjadi pemenang.

Community Awards

Community Awards adalah ajang penghargaan untuk komunitas yang telah berkontribusi bagi masyarakat. Dilansir dari Popmama.com, acara ini diadakan untuk mendukung komunitas yang sudah berusaha mengedukasi serta memberikan dampak positif ke masyarakat.

Ada dua kategori penghargaan komunitas dalam ajang ini. Pertama, penghargaan Educative Community yaitu penghargaan bagi komunitas yang memiliki program mendidik anggota dan masyarakat di luar komunitasnya. Mencakup pendidikan seputar kesehatan ibu dan anak, anak usia dini dan lainnya.

Yang kedua, penghargaan kepada Supportive Community. Supportive community ini mencakup komunitas yang memiliki program memberikan dukungan terhadap masyarakat di luar komunitasnya. Dukungan yang diberikan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, taraf kehidupan dan relasi.

Ketentuan Community Awards
Tangkapan layar media sosial POPAC 2021

Blog Competition

Bagi Buk-Ibuk yang suka menulis bisa banget ikut lomba ini. Submit tulisan bisa dilakukan dari tanggal 1-30 November 2021. Boleh membuat lebih dari satu artikel, lho! Kesempatan banget kan? Ketentuannya bisa Buk-Ibuk cek di akun instagram atau websitenya, ya! Klik disini juga bisa, ya!

Donasi POPAC 2021 Bersama Kitabisa

Popmama Parenting Academy melakukan donasi bersama Kitabisa bagi anak-anak yang terdampak pandemi Covid-19. Kita tahu bahwa tak sedikit anak yang menjadi yatim, piatu, bahkan yatim piatu di masa pandemi ini. Sedikit bantuan yang diterima tentu akan sangat berarti bagi mereka. Jika Buk-Ibuk ingin berdonasi bisa klik link di bio @popmama.parenting.academy. yaa. Semoga apa yang kita niatkan bermanfaat untuk mereka.

Content Series

Buk-Ibuk pernah ngepoin akun Intagram POPAC belum? Jangan-jangan saya doang nih yang tukang kepo. Hahaha. Jadi, kalau kita perhatikan sejak launching menuju hari H event POPAC 2021, konten yang disuguhkan berseri.

Iya, berseri. Ada konten-konten yang khusus menunjukkan waktu pelaksanaan tiap kegiatan. Misalkan, pembukaan resmi event Popmama Little Star atau Community Award. Sudah ada spill siapa saja speaker yang akan hadir sepanjang tanggal 1-31 Desember 2021 nanti juga, lho! Spill speaker ini yang bikin aku mupeng pengen ikutan acaranya, sih!

Content Series pada akun social media POPAC 2021 (dok.tangkapan layar)

Tak lupa juga, mereka tetap membagikan info dan tips menarik seputar materi yang akan dibahas nanti. Seperti konten aplikasi investasi, manfaat mendongeng, cyberbullying, bermain dengan anak dan banyak lagi.

Konten serupa juga bisa peroleh di website POPAC, banyak artikel yang baru, lho! Tentu saja tak jauh-jauh dari materi yang nanti bisa kita dapat pada rangkaian acara POPAC. Kalau di website, Buk-Ibuk akan lebih mudah mencari info, karena artikel telah dibedakan sesuai kurikulum yang ada. Jadi tinggal klik-klik aja, tuh!

Kuliah Whatsapp

Kalau menilik POPAC 2020 sih, kuliah whatsapp menjadi salah satu agenda juga lho! Tak main-main kita bisa kulwhap bareng expert. Nah, melihat postingan POPAC 2021, tahun ini kita juga bisa berkesempatan mengikuti kulwhap bersama expert yang telah dipilih tim POPAC tentunya.

Enaknya ikut kulwhap tuh, materinya bisa disave. Kalu kita ketinggalan masih bisa menyimak. Tinggal kuat-kuatin scrool up aja, Buk-Ibuk. Cuma, resiko orang telat ya nggak bisa ikut nanya. Ih, jadi makin penasaran kira-kira materi kulwhap POPAC kali ini apa ya? Mayan kan kalau bisa gabung. Hihihi.

Webinar

Dan ini, nih yang biasanya rame. Apalagi kalau bukan webinar, kaan? Melalui laman akunnya Popmama Parenting Academy 2021 telah menyediakan banyak pembicara expert dibidangnya. Beberapa speaker yang nanti akan mengisi webinar antara lain Rika Endang Triyani, Samanta Elsener, Rita Zwestika Reni, Marlyn Cecilia Malonda, Putu Andani, Saskhya Aulia Prima dan Vera Itabiliana Hadiwidjojo.

Hasil tangkapan layar akun media sosial POPAC

Sudah ada beberapa jadwal yang dirilis POPAC meskipun belum semua, sih. Hihihi. Tapi kalau melihat nama-nama tersebut pasti nggak akan ragu untuk ikutan. Mereka sudah sering mengisi di berbagai acara dan emang bagus materinya. Mupeng nggak tuh?

Beruntungnya lagi, acara ini dilakukan secara online Buk-Ibuk. Jadi kita bisa belajar dari rumah, tidak perlu datang ke lokasi. Pasti Buk-Ibuk sudah familiar ngezoom sama ikutan IG Live kan? Hihihi. Salah satu yang perlu kita syukuri di era pandemi, belajar jadi lebih mudah.

Baiklah Buk-Ibuk, sekian cerita tentang Popmama Parenting Academy 2021, sahabat keluarga milenial untuk memperdalam ilmu seputar parenting. Jangan lupa kepoin akunnya, ya! Biar nggak ketinggalan acara-acara serunya. Dan, kuylah ikutan eventnya di bulan Desember nanti, biar tambah ilmu kita Buk-Ibuk!

With love,

Nurul