5 Tips Menemani Anak Puasa di Hari Pertama Ramadhan

Spread the love

Celoteh Nurul-Tahun ini, tahun ketiga Teteh belajar puasa. Seharusnya di umurnya yang hampiiir 6 tahun, doi lebih bisa menahan lapar sampai azan Magrib berkumandang. Tapi, lets see yaa!

Kali pertama Teteh puasa di umurnya yang keempat. Kebetulan saya baru saja melahirkan dan lagi sakit, jadi sering banget bolong puasanya. Bapaknya sedang kerja di luar pulau. Nah, hal itu cukup berpengaruh pada motivasi Teteh untuk berpuasa.

Dan tahun kemarin, jadi latihan puasa Teteh yang cukup efektif. Esensi menahan lapar dan amarahnya mulai dapet, tuh! Tapi, teteup ya puasa pertama di bulan Ramadhan yang paling challenging. Saya banyak belajar dari menemani Teteh puasa. Sampai-sampai bisa menulisnya menjadi tips! Wkwkwk.

Nah, berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mendampingi anak puasa di hari pertama Ramadhan :

#Briefing dan Role Playing

Nggak cuma toddler aja yang perlu briefing dan role playing. Anak puasa juga perlu dibriefing supaya do’s and don’ts saat puasa diketahui bersama. Daaan, tentu saja mempermudah menanamkan nilai dari menjalankan ibadah puasa.

Sependek pengalaman saya, hari pertama adalah waktu yang rentan bikin batal ketika anak puasa. Yaa, kita know banget lah ya betapa godaan di hari kemarin masih kebayang terus. Jadi, salah satu tujuan besar melakukan briefing dan role playing sebenarnya untuk membantu anak melewati masa terberat di awal bulan Ramadhan.

#Tidur Tepat Waktu

Kenapa anak yang puasa harus tidur tepat waktu?

Supaya mudah membangunkannya ketika sahur, gengs! Ngebangunin anak puasa itu effortnya WARBIYASAK. Bayangpun, kita kudu bangun pagi, endebra endebre di dapur trus ngebangunin seluruh warga di rumah. Alamak! Dan selama dua tahun Teteh belajar puasa, yang paling berhasil bikin dia bangun ya MAMAnya ini.

Pokoknya ketika anak puasa, TIDUR TEPAT WAKTU itu wajib! Trik ampuh bikin mereka tidur tepat waktu adalah menguras seluruh tenaganya di siang hari. Nggak perlu di suruh lari-lari, kok. Ajak berkegiatan yang menyibukkan waktu mereka. Dan, DILARANG menyuruh mereka tidur menjelang azan Ashar. Yaqin, semua bakal berabe!

#Diskusikan Menu Sahur & Berbuka Puasa

Untuk menjaga keberlangsungan mood dan stamina ketika anak puasa adalah mendiskusikan makanan. Saya pikir, hal ini cukup efektif bagi anak yang masih belajar puasa seperti Teteh. Niatkan aja, ini sebagai reward hasil belajar. Walaupun ada beberapa pendapat yang masih pro dan kontra tentang reward punishment, sih. Tapi, menurut saya “It’s okay, selama masih dalam batas kewajaran.”

Biasanya Teteh request minuman dan cemilan yang rada special. Paling mintanya segala menu pake keju, degan, dan tentu saja sosis. Berhubung Bapaknya baru aja beliin panggangan, sosis bakar bakal sering ada kayaknya. Hihihi.

#Ajak Anak Tidur Siang

Anak puasa dan tidur siang itu sama dengan JODOH. Hahaha. Pengennya tidur mulu kalau nggak ada temennya. Jam 10an tuh mulai lah perut keroncongan, biasanya Teteh udah minta tidur sih. Selain karena lapar juga karena ngantuk bangun dari jam empat pagi.

Sebelum Dhuhur memang waktu yang tepat untuk Teteh tidur siang. Biar setengah harinya digunakan untuk  melakukan kegiatan yang bikin tenaganya terkuras. Sehingga malamnya bisa tidur tepat waktu. Biasanya tidur siang Teteh maksimal 1-2 jam. Bangunnya harus dibangunin kalau udah kelewat 2 jam, biar nggak mengganggu aktivitas lainnya.

#Ajak Anak Ngabuburit Sebelum Azan

Bukan cuma anaknya yang demen ini, mah. Mamanya juga demen beet. Aktivitas ngabuburitnya anak puasa nggak hanya muter-muter jalan raya lihat pasar Ramadhan, lho ya! Kita bisa mengajak mereka bebikinan. Bikin menu buka puasa, crafting, bersih-bersih, atau main puzzle bareng.

Ngabuburit  bisa sekalian jadi wadah membangun bonding anak dan orang tua. Paket komplit ya bulan Ramadhan itu? Bulan meraih pahala, bulan berkasih sayang, bulan berbagi. Masya Allah!

Ada yang udah nyobain cara-cara di atas? Atau punya tips lain? Skuy, ceritain di kolom komentar!