9 Ide Menu dari Olahan Ayam Ungkep

Spread the love

Masya allah, sebentar lagi puasa. Nggak kerasa ya?

Setelah menjadi ibu rumah tangga dan mempunyai anak, bulan Ramadan menjadi momen yang cukup menantang bagi saya. Apalagi ketika dulu menjadi working mom, bener-bener challenging!

Beberapa tahun belakangan saya mulai nerapin metode food preparation yang ngebantu banget. Trik urusan perdapuran lain, klik di sini ya! Nggak hanya pas Ramadan tetapi juga di hari-hari biasa. Jadi, waktu pandemi kemarin saya nggak terlalu shock therapy harus masak tiap hari.

Bagi saya, masak bukan hobi tapi kebutuhan. Jadi, menu yang bisa saya sajikan nggak banyak-banyak amat. Kalau lagi pengen bikin yang beda baru nyari resep. Duluuu, saya seneng banget searching resep-resep baru. Sekarang mah, sabodo teuing! Yang penting selalu sedia ayam ungkep di kulkas, stok olahan ayam idola ibu-ibu se-Indonesia.

Duluuu, lagi-lagi dulu ya Ceu! Saya pikir, ayam ungkep hanya bisa dibuat menjadi ayam goreng. Ternyata tidak Ferguso! Wkwkwk. Saya sudah coba beberapa resep, nih! Mayanlah, udah berasa kayak expert. Kayaknya Buk-Ibuk perlu nyobain juga, deh. Atau malah udah sering eksperimen sama ayam ungkep!

Olahan Ungkepan Ayam

#Ayam Goreng

Ayam goreng adalah olahan ayam ungkep yang paling mudah dibuat. Kalau ayamnya sudah mateng (disarankan masuk kulkas dulu biar rasanya lebih meresap), tinggal goreng saja. Kalau saya biasanya dibikin ala-ala warung makan, pake sambel dan lalapan. Atau biar de javu jaman kuliah, kadang-kadang dibikin jadi ayam geprek cobek.

Nah, berhubung minyak lagi langka, belakangan saya jarang bikin ayam goreng. Yah, kesannya jadi kayak hidup sehat. Padahal sebenernya hemat minyak akutuh. Hihihi.

#Ayam Panggang

Ayam panggang, ide olahan ayam ungkep

Gimana caranya bikin ayam panggang dari olahan ayam ungkep?

Kalau saya biasanya pakai ayam dan kuah ungkepnya, ditambah gula dan kecap (agak banyak jumlahnya). Dikasih air secukupnya biar liquid cairannya nggak cepet habis, nggak perlu sampai penuh kayak bikin soto. Cukup terendam setengah bagian saja.

Kalau sudah agak meresap, tiriskan. Lalu, panggang menggunakan oven atau teflon dengan api kecil. Udah deh, tinggal tunggu agak smoky-smoky gitu. Ayam panggang udah jadi! Sajikan dengan sambel dan lalap atau sayur asem juga enak.

#Ayam Bakar

Ayam panggang, ide lain dari olahan ayam ungkep

Basic bumbu ayam panggang dan ayam bakar sama, bedanya adalah proses pengolahannya. Ayam bakar benar-benar dibakar dengan api secara langsung. Jadi, bener-bener smoky (baik ayam dan orang yang bakar ayamnya 😊). Dari segi rasa menurut saya ayam bakar lebih otentik.

Ayam bakar bisa jadi pilihan ketika lagi acara kumpul keluarga atau teman. Jangan lupa pake sambel dan nasi panas biar makin yahuud!

#Ayam Tepung

Ayam tepung, kreasi olahan ayam ungkep

Ayam tepung ini makanan sejuta umat hasil duplikat resepnya Eyang Mc Donald. Hahaha. Dari anak-anak sampe orang dewasa suka. Bagian crunchynya bikin ketagihan. Di makan pake sambel bawang cabe ijo, enaaak!

Tapi, monmaap saya sering gagal kalau bikin dengan adonan tepung sendiri. Jadi, pilihannya tentu saja pakai tepung siap saji. Karena sudah menggunakan olahan ayam ungkep, rasanya lebih meresap dan nggak bakal gosong jika menggunakan sedikit minyak.

#Semur Ayam

Ketika semua menu ayam sudah pernah dibuat, menu paling bontot yang biasanya jadi andalan di akhir minggu, ya si ayam semur ini. Saya suka menambahkan ayam dan kuah ungkep dengan air, lada, kecap, gula jawa, sedikit tomat, irisan bawang bombai, serta tahu atau tempe. Tinggal masak sampai kuahnya mendekati habis dan siap disantap. Karena keluar di akhir minggu, biasanya doi ditemani tumisan sayur sisa yang ada di kulkas. Cmiiw!

Olahan Kuah Ungkepan Ayam

Pesan penting saya, kalau habis bikin ayam ungkep kuahnya JANGAN dibuang! Disimpan aja, ya. Selain bisa dimanfaatkan kembali, kita juga ikut andil dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Berat yee bahasanya. Ini serius, lho! Karena kuah ungkepan ayam itu banyak mengandung minyak yang merusak komponen tanah dan air. Ya, jatohnya kayak minyak jelantah. Jadi, mari kita recycle aja!

#Soto Ayam

Soto, resep paling mudah dari olahan kuah ayam ungkep

Anak-anak sama suami pasti sudah hafal, kalau saya habis ngungkep ayam pasti menu hari itu atau minggu tersebut ada soto ayamnya. Soalnya menurut saya, soto adalah kreasi paling mudah dari olahan ayam ungkep. Bikinnya pun nggak sampai setengah jam! Bebas minyak goreng kelapa sawit yang berarti lebih hemat dan sehat pula!

Soto versi saya dari kuah sisa ungkepan ini tinggal ditambah air, garam, dan kaldu jamur aja. Praktis kan? Seperti soto-soto yang lain, sajikan dengan kol, toge, soun, suwiran ayam dan telur rebus. Jangan lupa kasih sambel, kecap, dan irisan jeruk nipis. Udah deh!

#Opor

Opor ayam, menu yang paling jarang saya bikin. Pertama suami nggak begitu suka dan cenderung menghindari santan. Kedua, anak-anak juga B aja sama kuah santan. Saya aja yang demen, tapi males bikin kalau temen makannya nggak ada.

Paling banter makan opor setahun sekali, pas lebaran. Itu pun belum tentu. Karena menu khas lebaran di rumah mertua bukan opor, tapi semacam kupat tahu gitu. Makin jarang makan opor, deh!

Lagi-lagi opor ini dibuat dari sisa ungkepan ayam yang ditambah air dan santan. Kalau mau rasanya lebih kuat bisa ditambah lagi dengan daun jeruk dan serai. Taburi bawang goreng, bikinin ketupat atau beli aja lontong di abang tukang sate depan rumah. Jadi, lebaran deh kita!

Olahan ayam ungkep yang satu ini hemat waktu banget pas hari lebaran tiba, kan?

#Tongseng Ayam

Nah, kalau si tongseng ayam ini dulu pasti ada kalau ada acara tahlilan di rumah. Saya paling seneng ikut ibu-ibu rewang ngeracik di piring. Aromanya itu menggoda perut! Bisa dibilang menu olahan ayam ungkep ini jadi nostalgia masa kecil saya.

Kalau di daerah saya, tongseng biasanya disajikan dalam daging ayam yang dipotong dadu. Kuahnya percampuran warna merah dan kuning. Tipikal menu yang enak dimakan panas-panas dengan nasi panas juga tentunya. Tapi, itu selera aja, sih.

Cara bikinnya mudah, kok.

  • Bisa pakai potongan ayam kecil-kecil atau yang besar
  • Masak daging ayam bersama kuah sisa ungkepan ayam yang ditambah air secukupnya
  • Tambah dengan daun jeruk atau serai jika ingin rasa lebih kuat
  • Beri potongan tomat untuk mempercantik warna kuah
  • Masukkan santan kental
  • Masak hingga mendidih
  • Sajikan dengan taburan bawang goreng, seledri dan irisan cabe.

Hmmm, endues di makan selagi panas pake kerupuk bolong. Hihihi. Jangan lupa habis itu workout sama makan buah banyak-banyak! Wkwkwk.

#Nasi Bakar Ayam Suwir

Menu olahan ayam ungkep yang beberapa kali saya buat adalah nasi bakar ayam suwir. Yaah, bikin ini lumayan riweuh sih!

Pertama, kita harus masak nasinya dulu. Saya nggak mau terlalu repot, jadi masak nasinya di rice cooker saja. Caranya, beras dimasak dengan santan (saya agak cair), kalau nggak mau pakai santan bisa menggunakan teri medan di tambah, daun salam, serai, dan bawang putih.

Kedua, ayam suwir. Ayam suwirnya dari ayam ungkep yang disuwir dan tempe. Bumbunya menggunakan duo bawang, serai, dan daun salam. Masukkan saja semua bumbu, ayam suwir, tempe, ditambah kuah ungkep. Masak sampai matang.

Ketiga, bungkus dengan daun pisang. Biasanya saya masukkan kemangi dan cabai pada daun pisang, biar makin harum. Udah deh, bakar saja di Teflon sampe daun pisangnya agak terbakar gitu.

Makan nasi bakar dengan ayam goreng dan sambal matah. Deuuuh, niqmat yang haqiqi!

Gimana, kalian mau nyobain yang mana? Menu-menu ini cocok untuk buka dan sahur kan? Biar kita bisa sat set sat set. Hihihi