5 Ide Menu Berbuka Praktis, Efisien untuk Ibu Sibuk

Spread the love

Menu berbuka praktis-Ngomongin menu berbuka praktis, penting nggak sih?

Of course pentiiing banget untuk ibu-ibu beranak dua yang nggak suka riweuh kayak saya. Kalo kata Bang Fiersa biar bisa “sat set sat set”, nggak buang energi menunggu azan berbuka. Terus biar bisa punya waktu nyelesein challenge nulis 30 hari dari BPN. Atau ngabuburit bareng the krucils! Wkwkwk.

Fyi, dulu waktu masih bekerja Ramadan jadi momen terchallenging bagi saya untuk menyiapkan menu gizi berimbang yang cepet. Kalian pasti tahu kalau pulang cepet di waktu puasa Ramadan itu BOHONG! Wkwkwk. Kantor emang ngasih dispensasi pengurangan jam kerja, tapi kerjaan nggak berkurang bestie!

Mau nggak mau, saya lebih sering beli daripada masak untuk berbuka. Yang itu artinya pengeluaran membengkak. Nah, dari situ saya mulai suka belajar membuat menu-menu yang efisien waktu dan tenaga tapi ramah di mulut keluarga. Penasaran nggak menunya apa aja? Cekidot ya!

#Buah Potong

menu berbuka paling mudah (buah potong)

Buka puasa nggak harus dengan minuman manis kan? Mari kita pilih yang anti mainstream! Apalagi kalo bukan buah potong! Kurang mudah dan praktis apa coba menu berbuka ini? Mana sehat lagi! Hihihi.

Secara kebetulan selama hampir 8 kali menjalani puasa Ramadan berdua, kami selalu menemukan buah semangka lagi banyak dan murah. Ya, cap cus kita pasti pilih buah ini untuk tambahan menu gizi berimbang di rumah. Daaan, buah ini cocok banget untuk dijadikan menu berbuka praktis untuk keluarga muda dengan keuangan yang masih minimal. Hihihi.

#Degan

degan, menu berbuka yang mudah diperoleh

Ya, degan memang harus beli sih. Nggak bisa langsung metik kayak di kampung. Tapi ini menu berbuka praktis yang bisa jadi pilihan kita semua. Usahakan beli degan yang original, ya! Tanpa pemanis aneka rasa itu.

Nah, supaya lebih mantap kita bisa mencampurkan sedikit madu atau gula aren cair dan sedikit perasan jeruk nipis. Kalau ada lemon juga oke banget. Masya Allah segeeeer banget! Cobain, deh!

#Sop Buah Minimalis

Dulu, suami saya yang ngidein bikin menu ini. Yaqin, ini menu berbuka praktis yang wajib kalian coba. Karena menu ini hanya terdiri dari tiga bahan, yaitu; sirup Marjan merah, air, dan timun suri.

Cara membuatnya mudah sekali. Pertama, serut timun suri (boleh pakai biji atau dagingnya saja, sesuai selera). Kemudian tuangkan air dan sirup Marjan. Nggak perlu di kasih es, tinggal simpan di frezzer sekitar satu jam sebelum berbuka. Mudah, kan?

#Es Timun

Es timun bisa menjadi menu berbuka praktis yang dapat diandalkan, lho! Duluuu, saya membuatnya bersama si Teteh. Mayan, bisa jadi agenda fun cooking sambil ngabuburit di rumah. Pertama kali dapet menu ini dari rekan kerja saya.

Es timun ini hanya menggunakan empat bahan saja, yaitu; timun, biji selasih yang sudah direndam, air matang dan sirup Marjan hijau. Cara membuatnya pun tergolong mudah. Pertama, serut timun dengan serutan keju. Kedua, campurkan serutan timun, selasih, air dan sirup hijau Marjan. Ketiga, masukkan ke dalam freezer satu jam sebelum berbuka. Udah, deh!

#Smooties

Smooties untuk yang suka buah campur untuk menu berbuka

Nggak mau gaya-gayaan, sok sehat atau gimana. Tapi, minuman yang satu ini paling gampang dibikin. Apalagi kalau punya stok frozen fruit di kulkas. Tinggal diblender, jadi deh! Dingin, segeeer, sehat. Paket komplit yang bisa kamu peroleh. Yaaa, asal habis itu nggak nyomot gorengan! Wkwkwk.

Sekiaaan, beberapa rekomendasi menu berbuka puasa yang praktis versi majalah Bobo! Eh, versi aku yang patut kalian coba! Mana menu berbuka praktis yang cocok untuk kalian?