5 Ide Takjil Ramadan Praktis dan Disukai Anak

Spread the love

Takjil Ramadan jadi hidangan yang ditunggu-tunggu ketika berbuka puasa. Tentu saja karena hidangan ini yang akan disantap pertama kali sesaat setelah azan berkumandang.

Menjelang berbuka, persiapan masak jadi ganda. Awalnya hanya membuat menu makan malam , sekarang perlu ditambah dengan snack. Supaya tidak terlalu membebani aku pilih takjil yang mudah. 

Nah, berikut ini takjil Ramadan yang biasanya kubuat untuk keluarga!

Sop Buah

Berhubung anggota keluarga sudah cukup banyak dan semua doyan sop buah, jadi bikin sendiri jauh lebih murah ketimbang beli. Anak-anak bisa makan sepuasnya tanpa takut kehabisan.

Biasanya aku bikin sop buah paling pertama, lalu masukkan ke freezer. Jarang ada es batu di rumah. Memasukkan sop buah jadi alternatif agar rasanya tetap segar di sore hari.

Sop buah ini termasuk minuman yang mudah dibuat. Tinggal campur-campur buah sesuai selera, tambahkan sirup, kental manis, susu atau santan sesuai keinginan. Tak lupa tambahkan es dan sop buah selesai. 

Degan

Degan takjil Ramadan
Degan yang cocok untuk jadi takjil Ramadan

Degan dingin tanpa tambahan pemanis buatan juga bisa jadi alternatif takjil Ramadan. Rasa manis asli dari kelapa muda itu benar-benar enaak! Kalau kalian belum pernah mencoba, wajib coba setidaknya sekali sih.

Lebih enak lagi kalau ditambah sedikit perasan jeruk nipis. Masya Allah segeer banget. Bukan hanya segar, tapi juga sehat. 

Salad Buah

Memanjakan lidah dengan yang manis saat berbuka puasa memang nikmat sekali. Sunah berbuka juga memang dianjurkan untuk makan yang manis-manis terlebih dahulu. Salad buah bisa jadi ide takjil Ramadan yang pas. 

Teteh dan Adek paling suka nih, kalau buka puasa dengan salad buah. Creamy, manis, dan gurih keju jadi alasan kenapa mereka suka sekali hidangan ini. 

Salad buah versi manis ini sebenarnya mudah dibuat, namun memang harga bahan racikan saosnya yang cukup mahal. Meski begitu, bikin sendiri tetap paling bener. Maklumlah, kalau bikin mau nambah berapa kali nggak perlu mikir berkali-kali. 😅

Supaya tidak terlalu ribet, biasanya aku sudah bikin racikan saos saladnya sebelum puasa. Nah, ketika mau bikin salad tinggal potong-potong buah dan campur rata dengan saosnya aja. 

Cireng

Selain minuman, snack setelahnya nggak kalah penting (bagi aku dan keluarga). Cemilan favorit suami dan anak-anak ketika berbuka puasa adalah cireng. 

Iya betul, cireng atau aci digoreng itu. Setiap bulan puasa pasti hampir sepanjang hari selalu ada jajanan Sunda ini. Tenang, aku nggak pernah beli jadi kalau cireng. Pasti bikin. 

Alasannya tidak lain dan tidak bukan, ya karena lebih murah bikin dari pada beli. Selain itu, kalau beli jadi pasti sampai di rumah sudah kempes berminyak gitu. Nggak sesuai dengan selera kami yang suka cireng anget nan crunchy.

Dimsum

Takjil Ramadan dimsum
Dimsum cocok jadi menu takjil

Ide takjil Ramadan ala aku dan keluarga yang lain yaitu dimsum. Snack dari negeri Tiongkok ini kadang hadir jika stok cireng sedang habis.

Aku biasanya juga bikin dimsum sendiri. Lumayan riweuh, apalagi kalau bayik lagi on. 😅

Cuma kalo beli nggak bisa makan banyak. So, mending bikin versi low budget. 

Dimsum ini cocok dinikmati bersama sop buah. Seger aja gitu. Nggak minyak-minyak amat. Terasa jauh lebih sehat aja gitu. 

Mana ide takjil yang menginspirasi kalian? Yuk, langsung bersiap bikin atau cari di pasar Ramadan!