10 Rekomendasi Gendongan SSC Lokal yang Wajib Dicoba!

Spread the love

Emang ada gendongan SSC lokal yang bagus? Banyak ya, Buk Ibuk. Percaya nggak percaya, mending kita pake gendongan lokal tapi ori dan terbukti aman daripada merek luar negeri tapi KW. KW nya bukan super lagi. Hahaha.

Paragraf pertama ini kayak nyindir diri sendiri, sih! Dulu, pas anak pertama akutuh punya gendongan merek XXX yang kalian udah tahu namanya mungkin. Harga aslinya 3 jutaan sist, terus aku belinya 200k doang. Innalillahi!

Apa itu gendongan SSC itu?

SSC sendiri merupakan singkatan dari Soft Structured Carrier. Kalau menurut Snuggle Bugz gendongan SSC itu “is a baby carrier that carries baby in an ergonomically / physiologically correct position for the baby, and the person wearing the baby as well..”

Maksudnya (bukan artinya) adalah gendongan bayi yang bisa menggendong bayi secara ergonomis dengan posisi yang tepat untuk bayi, si penggendong pun merasa aman dan nyaman saat mengendong. Gendongan SSC ini biasanya bisa digunakan dengan posisi ‘gendong depan hadap keluar’, ‘gendong depan hadap ke dalam’, ‘gendong belakang’, dan ‘gendong samping’.

Meskipun demikian, tidak semua gendongan SSC bisa digunakan untuk semua posisi. Karena setiap gendongan biasanya punya spesifikasi yang berbeda-beda. Baik posisi penggunaan maupun kriteria umur atau berat yang ditetapkan untuk bisa digunakan pada anak. Jadi, plis be teliti ya Buk-Ibuk.

Kenapa lebih suka menggunakan gendongan SSC?

  • Nggak ribet Buk Ibuk, tinggal ceklak ceklik, kelar. Hahaha
  • Support M-Shape. Kalau tanya M-Shape apa, tolong gugel sendiri ya!
  • Suami juga bisa gentian gendong. Jadi, kita bisa santuy nggak bawa gembolan. Wkwkwk.

Apa saja gendongan SSC lokal itu?

Langsung aja ya, tanpa basa-basi cus kita cek ricek gendongan SSC merek lokal yang perlu Buk-Ibuk coba. Bisa jadi referensi kado lahiran temen atau saudara, nih! Atau dipakai sendiri juga boleh banget! Hihihi

  1. Cuddle Me Baby Carrier

Buk-Ibuk pasti sudah tidak asing dengan merek ini. Yups, Cuddle Me memang pemain lama dalam dunia pergendongan. Doi mulai berdiri di tahun 2010 dan berbasis di Malang.

Cuddle Me merupakan salah satu pionir gendongan SSC lokal di Indonesia. Kalo diitung-itung kan udah lama yak! Sekitar 11 tahunan lah ya!.

Menurutku, gendongan SSC Cuddle Me ini nggak usah diragukan lagi deh!. Kualitas oke punya dan affordable banget untuk kalangan menengah ke bawah kek gue!

Gendongan SSC lokal Cuddle Me

Gendongan paling murahnya bisa dibeli dengan harga 260k saja, zeyenk! Gendongan ini yang kupake, nih! Belinya dicicil 3 bulan lagi! Wkwkwk. Untuk harga paling tinggi dari SSC Cuddle Me ini 750k (bisa beda harga di reseller). Namanya WCSSC. Bisa dipake dari 0 bulan.

2. Nana Baby Carrier

Nah, kalo di Nana Baby Carrier ini ada di Sleman, Yogyakarta. Mulai berdiri tahun 2015 dan sudah mengekspor produknya ke negara Asia dan Eropa. Daebak, kan!

Gimana, gimana. Nggak ragu lagi kan kalo udah  sampe ke LN. Berarti kan udah lulus kualifikasi produk. Aman untuk bayi dan nyaman untuk orang tua.

Okeh, gendongan SSC yang dikeluarkan Nana Baby Carrier ini range harganya 275k-550k. Spesifikasinya juga beda-beda. Ada yang dikhususkan untuk toddler, new born-toddler, bahkan ada yang sampe balita.

Lagi-lagi, aku mau bilang bahwa gendongan SSC lokal dari Nana Baby Carrier ini affordable banget buat Buk-Ibuk beli. (ratjun beet emang)! Ya, emang begitu sih kenyataannya. Motif gendongan Nana tuh, lucuk-lucuk Buk-Ibuk. Aku sih suka! Hihihi.

3. Zakkel Baby Carrier

Salah satu gendongan SSC lokal yang bikin mata nggak berkedip adalah Zakkel Baby Carrier. Selain aman dan nyaman, Zakkel juga menggunakan bahan yang oke punya untuk setiap gendongannya. Mereka menggunakan linen dan cotton twill, beberapa di antaranya ada yang printed juga.

Berhubung kualitas yang diberikan nggak kaleng-kaleng, perlu nabung juga buat beli. Range harga yang dipatok Zakkel Baby Carrier antara 589k-895k. Harga ini tidak termasuk harga diskon, ya! Kalian bisa intip reseller atau official store untuk cari tahu harga miringnya. Atau cek toko yang ngasih metode bayar cicilan. Hihihi.

4. Andrea Baby Carrier

Pemilik Andrea Baby Carrier yaitu Yohana Habsari merupakan pendiri komunitas menggendong IBW (Indonesia Baby Wearers). Gendongan pertama Andrea Baby Carrier didedikasikan untuk anak pertama Ibu Yohana selaku pemilik. So, udah lama Andrea Baby Carrier ini berproduksi. Dan sudah diekspor ke beberapa negara tetangga.

Dari berbagai merek gendongan SSC lokal, Andrea Baby Carrierlah yang paling punya banyak varian. Andrea menyediakan ukuran super mini sampai preschool, lho! Harganya pun ramah di kantong, kok. Kalo nggak salah, official storenya bahkan menyediakan sistem cicilan untuk meringankan customer.

5. Aktiva Baby Carrier

Aktiva Baby Carrier merupakan salah satu gendongan SSC lokal produksi Gendongan Bayiku. Gendongan Bayiku merupakan salah satu produsen gendongan bayi yang berbasis di Malang.

Berdasarkan penelusuranku, Aktiva Baby Carrier ini mengalami beberapa perubahan sejak pertama kali dijual untuk umum. Makanya nama produksi yang terbarunya adalah Aktiva Baby Carrier Mark II. Yah, berarti ada Mark I dong Buk Ibuk.

Tipe produk yang dirilis untuk produk Aktiva Baby Carrier diperuntukkan bagi new born hingga toddler. Harga yang dibandrol untuk produk ini masih cukup terjangkau, antara 275k-345k.

6. Pembayun Carrier

Pembayun Carrier menyediakan tiga ukuran gendongan sesuai dengan kebutuhan kita sebagai orang tua. Ada tiga tipe yang bisa kita pilih, Standard, Toddler dan Modiva Adjustable.

Nah, yang bikin seru dari Pembayun Carrier tuh kita bisa custom motif sesuai selera. Ya, tentunya tetap mengacu pada motif yang sudah disediakan Pembayun Buk Ibuk. Bahan gendongan Pembayun Carrier biasanya mix katun printed dengan katun drill.

Nggak usah khawatir tentang harga ya Buk Ibuk. Pembayun Carrier merupakan gendongan SSC lokal yang affordable di kantong, kok. Kalian bisa memiliki gendongan ini dengan harga mulai dari 265k-395k.

7. The Nest Full Buckle

The Nest Baby Wrap ini sebenernya fokus pada produk gendongan jenis wrap, ring sling. Tapi, belum lama ini doi launching produk gendongan SSC. Dan, menurutku yang tukang kepo ini, gendongan doi kece abis.

Kece dari segi bahan dan look, sih! Sungguh nggak ada lawan. Mereka ngasih nama The Nest Full Buckle. Si gendongan SSC lokal produksi Badung Bali ini dibandrol dengan harga 650k.

Size yang disediakan hanya satu, untuk usia new born sampai toddler dengan berat 3,5kg-15kg. Sayangnya, produksi tipe full buckle ini sangat eksklusif. The Nest hanya membuat 27 buah untuk dipasarkan di seluruh Indonesia.

8. Mikhadou X Zakkel Baby Carrier

Waktu awal survey, aku beneran terpesona dengan look dari gendongan SSC produksi Mikhadou. Simpel tapi mevvah. Ya, seperti ciri khas produksi Mikhadou yang lain. Tapi, usut punya usut ternyata gendongan SSC milik Mikhadou merupakan hasil collabnya bareng Zakkel Baby Carrier.

Kebayang kan, gimana menggoda imannya hasil design dua produsen ini? Mikhadou unggul di bahan dan design simpel nan estetik. Zakkel punya cirinya kuat dengan gendongan yang kokoh tapi tetap chic.

Hasil kolaborasi mereka ini dikasih nama MEM (Mom Empower Mom) Shift. MEM Shift ini bisa dipakai untuk new born (3,8 kg atau TB min.50 cm) sampai toddler (max. 25 kg).

Gendongan SSC lokal Mikhadou X Zakkel (Pict from Facebook Zakkel Baby)

Yang bikin aku ngiler sama gendongan ini karena doi mengusung tema dual tone. Dual tonenya itu sedeep bener dipandang mata. Mereka menggunakan bahan katun mix linen, jadi wajar kalau harga yang dipasang 895k.

9. Bobita Baby Carrier

Bobita Baby Carrier sudah cukup lama memproduksi gendongan SSC. Menurut beberapa review yang kubaca, gendongan SSC lokal merek Bobita ini terkenal awet, kokoh, dan nyaman dipakai.

Gendongan SSC lokal Bobita

Salah satu keunggulan yang bisa diperoleh adalah bahan canvas yang digunakan breathable 3D mesh fabric. Itu lho, yang bikin tetap nyaman dan tidak panas. Kemudian, doi juga lebih safety karena mnggunaksn 3-point system buckles dari Duraflex.

Biasanya yang pake Duraflex itu produk impor, Buk Ibuk. Keunggulan dari buckle (ceklekannya itu, lho) ini yaitu baru bisa dibuka dengan dua tangan secara bersamaan. Jadi, lebih safety untuk menggendong.

Yang bikin gemes, Bobita merancang produk ini dengan purse strap. Biar Buk Ibuk tetap bisa pakai tas estetik dan nggak takut jatuh meskipun lagi menggendong. Untuk harga sendiri di atas 500k.

10. Babita by Bobita Baby Carrier

Gendongan SSC lokal terbontot yang akan kita bahas namanya Babita by Bobita Baby Carrier. Sesuai embel-embel yang tertera, pasti tahulah kalau produk ini merupakan sister line dari Bobita Baby Carrier.

Supaya lebih fokus, nampaknya Bobita bikin brand khusus untuk gendongan SSC. Secara kualitas tentu nggak jauh beda sama kakaknya. Bedanya, Babita lebih meriah secara motif dibanding Bobita Baby Carrier yang terlihat garang karena polosan.

Gendongan SSC lokal Babyta (Pict from Bukalapak)

Klaim keunggulan Babita antara lain :

  • Tinggi body panel bisa disesuaikan dengan ukuran tinggi badan bayi
  • Menggunakan tambahan busa pada paha, sehingga anak lebih nyaman
  • Memiliki kantong di bagian pinggang untuk menyimpan barang

Dengan kelebihan yang diberikan Babita, harga 450k cukup affordable lah, ya! 😊

Well, nggak nyangka bisa menyelesaikan tulisan ini. Tadinya kupikir nggak bakal kelar. Wkwkwk.

Semoga info tentang gendongan SSC lokal ini bisa membantu Buk Ibuk atau calon Ibuk yang sedang hunting baby carrier ya!