Isi Tas dengan 4 Perlengkapan Bersalin Ini!

Spread the love

Setelah tiga kali melahirkan, kayaknya persalinan pertama yang banyak miss-nya, deh. Ada saja perlengkapan bersalin, baik untuk ibu atau anak yang tidak lengkap. Sepertinya udah well prepared, pas ditanya bidan ternyata nggak ada. Maklumlah, namanya juga pengalaman pertama kan?

Jadi, kali ini aku mau share perlengkapan bersalin yang seharusnya ready di tas yang akan dibawa ke tempat persalinan.

Ngomong-ngomong, menyiapkan perlengkapan ibu bersalin dan bayi ini lumayan tricky. Karena menurutku barang yang dibawa tidak perlu banyak, tapi harus cukup dan tepat guna.

Apa saja yang perlu ada dalam tas bersalin? Berikut ini beberapa keperluan yang menurutku penting banget dipersiapkan.

1. Surat Penting sebagai Perlengkapan Bersalin

Kartu identitas, salah satu perlengkapan bersalin yang wajib dibawa
Ilustrasi kartu identitas yang harus dibawa saat persalinan/Unsplash/Vantaymedia

Surat penting nantinya berguna untuk pembuatan akte kelahiran atau pembayaran asuransi maupun BPJS. Jadi, wajib banget ada nih!

Di beberapa tempat persalinan, baik itu rumah sakit, klinik bersalin, atau Puskesmas biasanya tersedia jasa pembuatan akte kelahiran gratis. Terutama untuk pemilik kartu tanda pengenal setempat.

Persiapkan beberapa surat penting, seperti KTP, KK, kartu asuransi, dan BPJS ya! Baik dalam bentuk hard file atau soft file.

2. Perlengkapan Bersalin Ibu

Perlengkapan bersalin untuk ibu tidak kalah penting dengan perlengkapan yang harus disiapkan untuk bayi. Alasanya karena tidak semua tempat persalinan menyediakannya secara cuma-cuma. Sehingga, lebih baik dipersiapkan sendiri.

Aku melahirkan anak pertama di Puskesmas. Waktu dibawa ke ruang bersalin, bidan meminta sarung atau kain. Lah, kan aku nggak bawa! Untungnya dipinjami selimut, jadi ada penutup bagian perut ke bawah.

Oleh karena itu pastikan beberapa barang berikut ini sudah siap di tas persalinan kalian, ya!

a. Pembalut dan celana dalam

Sebaiknya kedua barang ini diletakkan satu tempat supaya tidak kesulitan mencari. Meskipun ada tempat bersalin yang menyediakan popok dewasa atau pembalut, tetapi alangkah baiknya membawa sendiri.

Pasca persalinan, biasanya akan banyak darah yang keluar. Pembalut dan celana dalam cadangan sangat diperlukan.

Apalagi jika melahirkan section di rumah sakit, pastikan membawa minimal 8 buah. Mengingat waktu menginap pasca persalinan akan lebih lama.

b. Pakaian ganti pasca melahirkan

Baju yang longgar dan berkancing sangat disarankan. Sebab ibu akan mulai menyusui, baju berkancing atau resleting depan akan memudahkan proses belajar menyusui.

Tambahkan juga kerudung instan bagi muslimah berhijab. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan kebiasaan dan kebutuhan ibu, ya.

Barang yang tidak kalah penting lainnya adalah menyiapkan satu baju untuk kepulangan. Agar tetep kelihatan fresh meskipun sebenarnya capek! Hihihi.

c. Perlengkapan mandi ibu

Alangkah baiknya jika kita menyediakan perlengkapan seperti sabun, sampo (opsional), pasta gigi dan sikat gigi sendiri. Lebih mudah jika disiapkan dalam satu wadah travel pack. Supaya lebih menghemat ruang tas.

d. Sarung atau kain penutup ketika proses bersalin

Perlengkapan bersalin ini digunakan sebagai penutup bagian bawah tubuh ibu saat proses melahirkan. Jika persalinan di rumah sakit atau klinik besar, sepertinya tidak diperlukan karena biasanya sudah disediakan.

Berbeda jika melahirkan di Puskesmas atau klinik kecil, belum tentu disediakan. Antisipasi kebutuhan dengan memasukkan kain minimal satu dalam tas.

3. Perlengkapan Bayi

Baju bayi, perlengkapan bersalin yang penting
Ilustrasi baju bayi sebagai perlengkapan bersalin yang wajib disiapkan/Unsplash/Thenixcompany

Isi tas persiapan melahirkan lain yang harus disediakan tentu saja untuk si jabang bayi.

Menurut pengalamanku, akan lebih memudahkan jika pakaian bayi yang akan dipakai sesaat setelah lahir dimasukkan dalam satu wadah.

Penempatan set pakaian bayi yang akan dipakai pada satu wadah, akan mempermudah pendamping persalinan untuk mengambilkannya saat diminta oleh tenaga kesehatan.

Nah, berikut ini perlengkapan bayi yang wajib ada dalam tas yang akan dibawa saat persalinan!

a. Pakaian bayi

Pakaian bayi merupakan perlengkapan bersalin yang wajib ada di tas. Ragam yang akan dibawa disesuaikan dengan keinginan keluarga.

Kalau aku cukup membawa 3 pasang baju dan celana, 4 bedong, serta topi bayi. Kaos kaki dan kaos tangan sifatnya opsional bagiku, karena biasanya bayi langsung dibedong. Bayi cukup merasa hangat dalam bedong tersebut.

b. Perlengkapan mandi

Perlengkapan mandi yang perlu disediakan sama seperti orang dewasa, yaitu sabun multi fungsi, losion, parfum, dan minyak telon (tidak wajib).

4. Perlengkapan Bersalin untuk Pendamping Persalinan

Meskipun kelihatannya ‘tidak begitu penting’, tapi penting juga, lho! Pasalnya pendamping persalinan juga butuh persiapan untuk mendampingan calon ibu. Apalagi jika calon ibu hanya didampingi suami dan ternyata lokasi persalinan jauh dari rumah.

Setidaknya pastikan untuk membawa dompet dengan isi lengkap, mulai dari tanda pengenal, uang tunai, dan kartu debit atau kredit.

Masukkan juga underware dan baju ganti supaya tidak perlu bolak-balik. Sertakan snack ringan dan minuman agar kesehatan terjaga.

Usahakan untuk menata perlengkapan bersalin pada tas bersama pasangan atau pendamping persalinan yang sudah disepakati bersama. Supaya memudahkan ketika hari H.

Jika memungkinkan, isi tas yang akan dibawa saat bersalin sudah siap maksimal saat usia kehamilan 8 bulan atau di awal usia kandungan 9 bulan.

Tujuannya untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. Seandainya kontraksi terjadi lebih awal, tas tersebut sudah siap dan bisa langsung dibawa.

The last, semoga persalinan kalian berjalan lancar dan dimudahkan!